Wednesday, June 7, 2017

"MATRYOSHKA" Lambang Cinta Dari Rusia Part 2

Dalam memulihkan kembali budaya, seni serta kebiasaan Rusia pada era kesembilanbelas besar sekali jasanya keluarga saudagar serta indusrialis Rusia, kakak beradik Mamontov serta pertama Savva Mamontov (1841-1918) yang menyatukan disekitanya grup pelukis populer seperti Repin, Antokolsky, Vasnetsov, Vrubel. Di desa Abramtsevo didekat Moskow sudah di buka oleh mereka Bengkel Seni Pendidikan Anak yang diajar beragam kerajinan termasuk juga Matrsyoshka juga. Souvenir Wisuda

Boneka Matryoshka di buat dari beberapa macam kayu. Namun umumnya dari pohon linden yang strukturnya lembek. Serta mesti dikeringkan dahulu. Sesudah beberapa kayu dibubut berbentuk bulat seperi telor sesuai sama ukiran yang dibutuhkan, kerap pada 10-20 senti serta lebih, namun dibubut samapai dua millimeter (bayi). Lalu, akan boneka diwarnai serta dipernis.

Bila di tanya kenapa mirip bentuk telor, dijawabnya sebab di Rusia dari jaman dulu ada “Telor Pasca” berbagai macam, warna, beberapa macam gambar, sesuai sama kebiasaan Kristen Ortodok. Sekarangpun menurut kebiasaan nyaris di semuanya tempat tinggal di Rusia pada peringatan Paskah telor umum, (untuk dikonsumsi) umumnya putih diwarnai sepanjang dimasak dengan memakai cat alamiah (terbuat umpamanya dari kulit bawang merah) atau mungkin cat kimia moden.
Telor Pasca, kebiasaan Rusia, telur untuk lukisan



Matryoshka yang pertama sudah mengambarkan puteri petani yang mukanya bulat, kenakan pakaian blus yang disulam, dalam sarafan (sm gaun) bercelemek, dengan ayam jantan hitam di tangannya.
Pada saat dahulu itu kekayaan kerajinan jaman Rusia lama ini berbentuk boneka, ukiran kayu, ukiran tulang, mainan kayu, furniture, kain tenun furniture, permadani dan lain-lain pada saat itu keluar jauh perbatasan Rusia, merebut market tidak saja didalam negeri, namun market Eropa, Asia serta Amerika.

Namun Matryoskalah yang senantiasa “leading”. Memanglah, cinta bakal wanita cantik, cinta bakal ibu, cinta bakal anak tak ada batasnya di negeri manapun. Serta juiceteru tersebut yang dilambangkan Matryoshka. Tidaklah kebetulan namannya datang dari kata Slav – “Matrona”. Yang bermakna Ibu. Serupa dengan “Ma”, Ibu (bhs Rusia). Era waktu lalu di Rusia nama ini yang sedikit dirubah jadi Matryona, satu diantara nama sebagai paling popular. Namun yang tetaplah ada hubungannya dengan nama Sang Ibu.

Pada th. 1900 di Pameran Kerajinan Internasional di Paris Matryoshka mencapai Grand Prix serta mulai sejak itu memperoleh kecintaan dunia serta pernyataan dunia serta jadi satu diantara symbol nasional Rusia

Karena “Pameran Pindah” yang diadakan oleh Perusahaan perkapalan serta perdagangan Rusia Matryoshka pernah dipresentasikan di kota dekat laut di Yunani, Turki, negeri-negeri Timteng.
pameran di Paris, pameran Matryoshka, matryoshka di dunia
Menurut satu versus lain lagi kerajinan pembuatan mainkan kayu lahir di Rusia di era ke-XVII serta berkembang pada perbatasan era ke XYIII- XIX di kota Sergiyev Posad didekat Moskow. Kota ini yaitu hingga saat ini satu diantara pusat besar kerajian kayu Rusia, termasuk juga pembuatan Matryoshka serta dengan museuym Matryoshka itu sendiri

No comments:

Post a Comment