Thursday, June 15, 2017

Macam-Macam Boneka

Boneka Serta Bermacam typenya

Boneka, biasanya, yaitu satu jenis yang mirip manusia, yang sering jadikan mainan untuk anak atau orang dewasa. Boneka dengan tradisional Souvenir Wisuda dipakai untuk ritual yang berbau magis atau religius di beragam belahan dunia, serta terbuat dari material-material seperti tanah liat serta kayu yang seperti boneka-boneka yang dengan umum diketemukan. Boneka tertua yang sempat didokumentasikan yaitu boneka pada saat kebudayaan Mesir kuno, 

Yunani serta Romawi. Manfaat boneka jadi mainan terdaftar pada th. 100 M di daerah Yunani, yang di buat jadi mainan dan adalah karya seni.
Pabrikan boneka dengan modern dimulai di Jerman, pada era ke-15. Dengan industrialisasi serta material baru yang diketemukan pada saat itu seperti porselen serta plastik, boneka di produksi masal dengan jumlah yang penting. Pada era ke-20, boneka jadi popular serta lebih dihubungkan dengan barang yang mempunyai nilai koleksi tinggi.


SEJARAH BONEKA
Boneka tertua yang diketemukan terbuat dari tanah liat, kayu, batu, tulang, gading, kulit binatang atau lilin. Bukti arkeologis meletakkan boneka jadi calon mainan tertua yang sempat terdaftar. Boneka berupa dayung yang terbuat dari kayu diketemukan di makam-makam Mesir kuno yang peluang di buat pada era ke-21 SM. Boneka dengan anggota badan yang bisa digerakan untuk pertama kalinya di ciptakan pada sekitaran 200 th. SM. Boneka Yunani terbuat dari tanah liat. 

Terdapat banyak narasi mengenai bagaimana boneka jadikan mainan oleh anak-anak perempuan pada th. 100 M. Di Romawi, boneka di buat berbahan tanah liat, kayu atau gading. Boneka sudah juga diketemukan di makam-makam anak-anak bangsa Romawi. Seperti anak-anak pada saat saat ini, anak-anak saat Romawi juga menggunakankan pakaian pada boneka mereka berdasar pada trend baju pada saat itu. Saat wanita Romawi serta Yunani menikah, mereka bakal menghadirkan boneka pada dewi-dewi mereka. Boneka tradisional sering jadikan mainan untuk anak-anak, namun juga mungkin saja mempunyai nilai magis, spiritual serta ritual. 

Tak ada kejelasan yang tentu yang bisa membedakan boneka yang bernilai spiritual serta mainan. Pada sebagian kebudayaan, boneka-boneka yang digunakan dalam ritual keagamaan selanjutnya diberi pada anak-anak. Mereka juga menggunakan boneka jadi media pendidikan jadi penerus warisan kultur. Pada kultur-kultur yang lain, boneka dipandang sangat beresiko untuk dimainkan anak-anak karna potensi kemampuan magisnya.


Akuaba

Boneka Afrika dipakai untuk mendidik serta menghibur ; boneka-boneka ini yaitu medium penghubung supernatural serta dimanipulasi untuk maksud ritual. Bentuk serta kostumnya bermacam bergantung dari daerah serta keyakinan. Akuaba yaitu boneka kesuburan yang terbuat dari kayu dari daerah Ghana serta sekitarnya. Akuaba yang paling di kenal yaitu akuaba punya orang-orang Ashanti, yang mempunyai kepala besar seperti satu piringan. Suku-suku lain di daerah itu mempunyai style Akuaba-nya semasing. 

No comments:

Post a Comment